Kalau tidak tahu dua belajarlah tiga

Melihat ke masa lalu sewaktu saya belajar di sekolah, saya merasakan bahwa waktu kita melihat kebelakang, segala sesuatu itu lebih mudah dibandingkan pada saat kita melihatnya sebagai masalah didepan. Materi sekolah yang sebegitu sulitnya saya lihat dimasa kecil ternyata sebegitu mudahnya setelah dilihat semasa saya dewasa.

Menurut saya mungkin ada dua hal yang menyebabkannya .

Pertama, mempelajari suatu hal secara helicopter’s view akan lebih mudah apabila dibandingkan dengan mempelajarinya secara normal. Mencari jalan dengan mengendarai helikopter akan lebih mudah dibandingkan dengan mencari jalan dengan mengendarai mobil. Dalam banyak hal guru-guru saya selalu berkata supaya suatu hal yang sulit ditelan saja dulu, karena nanti semua akan jelas dengan sendirinya sejalan dengan waktu. Illogical as it sounds, tapi begitulah yang dilakukan orang

Kedua, dengan waktu, kita akan bertemu dengan pandangan-pandangan, maupun orang-orang yang berpengetahuan lebih luas. Cukup fair untuk berkata bahwa salah satu indikator bahwa seseorang itu berpengetahuan luas, mereka dapat menjelaskan hal-hal yang sulit kepada kita secara mudah. Sewaktu kita terus maju ke masa depan, semakin besar kemungkinan kita akan bertemu dengan orang-orang yang berpengetahuan lebih luas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s