Kalau tidak tahu dua belajarlah tiga

Melihat ke masa lalu sewaktu saya belajar di sekolah, saya merasakan bahwa waktu kita melihat kebelakang, segala sesuatu itu lebih mudah dibandingkan pada saat kita melihatnya sebagai masalah didepan. Materi sekolah yang sebegitu sulitnya saya lihat dimasa kecil ternyata sebegitu mudahnya setelah dilihat semasa saya dewasa.

Menurut saya mungkin ada dua hal yang menyebabkannya .

Pertama, mempelajari suatu hal secara helicopter’s view akan lebih mudah apabila dibandingkan dengan mempelajarinya secara normal. Mencari jalan dengan mengendarai helikopter akan lebih mudah dibandingkan dengan mencari jalan dengan mengendarai mobil. Dalam banyak hal guru-guru saya selalu berkata supaya suatu hal yang sulit ditelan saja dulu, karena nanti semua akan jelas dengan sendirinya sejalan dengan waktu. Illogical as it sounds, tapi begitulah yang dilakukan orang

Kedua, dengan waktu, kita akan bertemu dengan pandangan-pandangan, maupun orang-orang yang berpengetahuan lebih luas. Cukup fair untuk berkata bahwa salah satu indikator bahwa seseorang itu berpengetahuan luas, mereka dapat menjelaskan hal-hal yang sulit kepada kita secara mudah. Sewaktu kita terus maju ke masa depan, semakin besar kemungkinan kita akan bertemu dengan orang-orang yang berpengetahuan lebih luas.

Leave a Reply

